Berita Populer di Indonesia

Resep Gudeg Jogja Asli Yang Sederhana

Kuliner ini begitu terkenal sebagai masakan khas Jogja, bahkan dijadikan julukan bagi kota tersebut, apalagi jika bukan gudeg. Kuliner berbahan dasar nangka muda ini nyatanya mampu memikat hati masyarakat baik orang lokal maupun dari daerah lain yang pernah mencoba gudeg sewaktu berlibur ke Jogja.
Rasanya begitu legit dan gurih karena santan kelapanya, gudeg pun semakin mantap karena ayam dan telur yang ditambahkan dalam masakan. Bagi anda yang ingin menikmati gudeg tak harus selalu berkunjung ke Yogyakarta sebab lewat resep gudeg di bawah ini anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Meski tergolong masakan yang sangat terkenal, gudeg nangka ini tak memerlukan bahan mahal dalam pembuatannya, tahapan memasaknya pun mudah diikuti oleh anda meskipun belum ahli memasak.

Bahan Utama Resep Gudeg 
- 1 kilogram buah nangka muda, nangka muda ini masih keras dan belum ada bijinya atau kalaupun ada juga masih kecil-kecil. Kupas kulit luarnya lalu cincang kasar
- 1 liter santan segar yang diambil dari 1 butir kelapa
- ½ ekor ayam, potong kira-kira jadi 4 atau 6 bagian
- 2  butir telur ayam, potong jadi dua bagian
- 4 ruas jari lengkuas, kupas, cuci bersih dan memarkan terlebih dahulu agar aromanya lebih bisa keluar
- 2 lembar daun salam
- 6 helai daun jati yang masih muda, bersihkan. Daun jati inilah yang akan memberikan warna coklat khas gudeg
- 100 gram gula merah/gula jawa, sisir tipis-tipis supaya lebih mudah larut
- 1 ½ liter air bersih untuk merebus nangka muda.

Bumbu yang Dihaluskan
Supaya lebih bisa meresap ke dalam masakan, beberapa bumbu berikut ini perlu dihaluskan terlebih dahulu. Bumbunya yaitu 4 siung bawang putih ukuran sedang, 6 butir kemiri yang sudah disangrai, 10 butir bawang merah lokal, 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai, serta 5 sendok teh garam dapur beryodium. Sebaiknya haluskanlah dengan cara diuleg menggunakan tangan sebab rasanya bisa  lebih lezat daripada diblender.

Cara Membuat Resep Gudeg
1. Mula-mula susun daun jati setengahnya saja di bagan paling dasar panci, selanjutnya masukkan nangka cincang dan tuangkan air bersih ke dalamnya baru tutup atasnya  dengan setengah bagian daun jatinya  tadi. Susunan daun jati seperti ini bertujuan supaya warnanya bisa meresap rata dalam daging nangka. Selanjutnya rebus campuran ini sampai daging nangkanya empuk. Angkat, tiriskan.
2. Tahap selanjutnya adalah memasaknya dengan bumbu. Campurkan bawang putih, kemiri, bawang merah, ketumbar serta garam yang telah dihaluskan ke dalam panci. Tuangkan santan kemudian masak sambil diaduk sampai tercium bau harum.
3. Selanjutnya tambahkan potongan daging ayam, daun salam, lengkuas serta gula merah ke dalamnya. Aduk lagi perlahan lahan hingga santan mendidih dan daging ayam mulai empuk
4. Terakhir, masukkan nangka muda ke dalamnya, masak sampai santan surut setengahnya, baru tambahkan telur rebus ke dalamnya. Masak sampai santannya habis (kering) . Angkat dan sajikan.

Dalam penyajiannya, resep gudeg ini termasuk masakan yang bisa tahan lama meskipun tanpa pengawet, bahkan semakin dihangatkan berulang rasanya semakin legit saja. Semoga informasi di atas bermanfaat.