Berita Populer di Indonesia

8 Cara Alami untuk Mengobati Batuk Berdahak

Batuk merupakan penyakit yang berasal dari virus, dan biasanya disertai keluarnya lendir atau biasa disebut dahak. Batuk tentu akan mengganggu aktivitas anda, dari mulai sakit yang timbul pada dada dan perut, sakit pada tenggorokan hingga terganggu saat tidur karena batuk.

Sebaiknya, jangan sepelekan batuk berdahak ini karena bisa jadi merupakan gejala awal suatu penyakit yang lebih kronis, seperti infeksi saluran pernafasan, penyakit paru-paru atau asam lambung yang naik. Sebenarnya ada beberapa cara mengobati batuk berdahak tradisional dengan memanfaatkan bahan alami yang tak kalah ampuhnya dengan obat batuk di pasaran, namun karena kalah pamor jadi cara ini banyak dilupakan.

Berikut ini ada beberapa cara mengobati batuk berdahak tradisional yang bisa anda lakukan :
1. Menggunakan Belimbing Wuluh
Buah ini bentuknya kecil dan hijau seperti buah belimbing, namun bentuknya lonjong dan rasanya masam.  Memanfaatkan buah belimbing wuluh sebagai obat batuk bisa dilakukan dengan merebus belimbing wuluh bersama sedikit gula dan beberapa butir adas. Air rebusan ini kemudian diminum saat suhunya hangat kuku, bisa untuk dewasa maupun anak-anak.

2. Menggunakan Teh Jahe
Dengan membayangkannya saja sudah bisa ditebak betapa hangat dan nyamannya setelah anda meminum obat herbal ini. Cara mengobati batuk ini pun ternyata sudah dipraktikkan orang-orang Asia sejak dulu. Buatlah secangkir teh hangat dengan madu sebagai pengganti gula, kemudian campurkan irisan atau tumbukan jahe ke dalamnya. Teh jahe ini baik diminum 2 kali sehari agar batuk cepat sembuh.

3. Menggunakan Daun Kemangi
Daun dengan wangi yang khas ini ternyata kegunaannya tak sebatas untuk lalapan saja. Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun kemangi sebagai cara mengobati batuk, selain itu efek lega pada tenggorokan juga akan anda dapatkan. Caranya hanya dengan merebus 3 helai daun kemangi pada segelas air dan diminum saat masih hangat.

4. Menggunakan Jeruk Nipis
Jenis jeruk yang tinggi vitamin C ini memang telah lama dikenal masyarakat sebagai obat batuk berdahak alami. Cara yang biasanya dilakukan adalah mencampurkan air perasan jeruik nipis dengan kecap, dan diminum dua kali sehari 1 sendok makan untuk orang dewasa, serta setengah sendok  makan untuk anak-anak. Cara lainnya dengan membuat minuman hangat yang nikmat dari air perasan jeruk nipis dan madu.

5. Menggunakan Daun Sirih
Cara selanjutnya dengan memanfaatkan daun sirih. Daun yang tumbuh merambat ini cukup efektif untuk meredakan batuk berdahak, meski bila dibayangkan rasanya getir. Karenanya untuk menyamarkan rasa getir sekaligus memaksimalkan cara mengobati batuk dengan bahan ini, anda perlu mencampurnya dengan bahan lain, yakni kapulaga, cengkeh, serta kayu manis. Rebus lima lembar daun sirih beserta seluruh bahan tambahan tadi dalam dua gelas air. Tunggu hingga tersisa setengah gelas. Saring kemudian minum 3 kali sehari 1 sendok makan hingga batuk reda.

6. Menggunakan Lada Putih dan Madu
Kombinasi unik yang jarang dicoba dari kedua bahan ini bisa meredakan batuk berdahak anda. Lada putih sendiri memiliki sensasi panas yang mana akan merangsang dahak menjadi cair sehingga mudah keluar. Campurkan lada putih pada secangkir teh madu hangat, kemudian minum secara rutin sampai sembuh.

7. Menggunakan Kunyit
Rimpang yang khas dengan warna kuning tuanya ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk. Cara tradisional yang bisa dilakukan untuk membuatnya yakni dengan menumbuk kunyit lalu larutkan dalam segelas air hangat dan dicampur madu.

8. Menggunakan Air Hangat
Cara mengobati batuk yang sangat simpel dan mudah dilakukan adalah memperbanyak minum air putih hangat. Selain sifat air putih yang mempercepat penyembuhan penyakit, suhu hangat ketika diminum juga akan memudahkan dahak di kerongkongan untuk dikeluarkan.
Semoga bermanfaat.