Berita Populer di Indonesia

Berbagai Manfaat Madu Untuk Tubuh

Madu dikatakan sebagai bahan ajaib yang dibuat oleh lebah karena memang manfaatnya sangat banyak. Madu akan memberikan manfaat luar biasa bila digunakan dalam dosis yang tepat. Namun sebaiknya hindari memberikan madu pada bayi di bawah setahun, karena dikhawatirkan bisa terkena botulisme, yakni keadaan keracunan bakteri yang mungkin ada di dalam madu karena bisa berakibat fatal. Berikut manfaatnya untuk kesehatan :

1. Diabetes
Meski rasa manisnya melebihi gula, madu memiliki glikemik rendah jadi cocok digunakan sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes, sebab makanan berglikemik tinggi akan memicu lonjakan glukosa dalam darah. Selain menurunkan glukosa darah, mineral serta vitamin dalam madu akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Batuk
Manfaat madu untuk pengobatan batuk didapatkan dari kemampuan madu yang bisa memicu air liur untuk membasahi tenggorokan. Selain itu madu berkemampuan mengurangi iritasi dan rasa sakit pada tenggorokan yang timbul karena batuk. Selain itu khasiat madu bisa disamakan dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan.

3. Meningkatkan energi
Untuk anda yang sedang sakit, mengonsumsi madu setiap pagi dengan air hangat selain mampu mempercepat proses penyembuhan juga akan meningkatkan energi yang berkurang yang biasanya ditandai dengan rasa lemas.

4. Penyembuhan Luka
Propolis, enzim, serbuk sari, vitamin serta mineral yang terkandung di dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru pada luka. Ketika digunakan, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut. Selain itu infeksi, bau tidak sedap yang mungkin timbul serta rasa sakit juga dapat diminimalisir. Beberapa luka yang bisa mendapat manfaat madu untuk kesembuhan diantaranya luka lecet, luka bakar, luka pasca operasi, bisul, serta borok yang kronis sekalipun.

5. Meringankan Penyakit Pernafasan
Madu terbukti efektif untuk menyembuhkan penyakit pernafasan. Hal ini dapat dilihat dari hasil sebuah studi di Bulgaria yang menunjukkan bahwa pada hampir 18.000 pasien madu berkhasiat membantu penyembuhan bronkitis kronis, rinitis kronis, bronkitis asma, alergi serta sinusitis. Madu  juga merupakan obat yang tepat untuk flu, pilek, serta infeksi saluran pernafasan.

6. Mendetoks Racun
Zat-zat berbahaya yang bersarang dalam tubuh bisa dikeluarkan oleh madu melalui saluran pencernaan. Untuk lebih efektif dan bisa dilihat manfaat madunya, campurkan juga perasan lemon dalam segelas air hangat. Perpaduan kedua bahan ini sangat ampuh dalam mendetoks racun tubuh dengan cara yang nikmat.

Selain dari sisi kesehatan, madu  juga bisa diandalkan sebagai  perawatan kecantikan kulit wajah anda. Manfaat madu untuk kecantikan tersebut diantaranya sebagai berikut :
Mencerahkan kulit wajah
Bagi anda yang memiliki wajah kering serta kusam, madu bisa dijadikan masker untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah. Sehingga secara otomatis wajah pun berangsur-angsur cerah warnanya.

Mengatasi jerawat
Jerawat dapat timbul dari kondisi kulit berminyak dan kotor yang kemudian terinfeksi bakteri. Sifat madu yang anti peradangan dan membunuh bakteri akan mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul lagi.

Sebagai pembersih wajah
Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, wajah akan terpapar debu, polusi, serta sinar matahari yang memicu timbulnya berbagai masalah  kulit. Karenanya wajah harus rutin dibersihkan. Untuk memanfaatkan madu sebagai pembersih wajah campurkan madu dengan putih telur. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah pastinya wajah anda akan terkena debu dan polusi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Untuk itu ada baiknya menit menjelang tidur malam.

Mencegah penuaan dini
Antioksidan  tinggi yang dimiliki membuat manfaat madu untuk mencegah penuaan dini pada kulit seperti noda hitam, keriput, dan kekusaman tak diragukan lagi. Anda bisa menggunakannya sebagai masker setiap menjelang tidur. Niscaya kulit akan terjaga kecantikan dan kenyal bercahaya.