Berita Populer di Indonesia

Harus Diketahui Ibu: Cara Menyusui Anak yang Benar

Bayi tentunya membutuhkan ASI eksklusif selama 6 bulan, sehingga selama 6 bulan bayi tidak boleh diberikan makanan tambahan lainnya selain ASI. Barulah saat sudah lebih adri 6 bulan ibu bisa berikan makanan pendamping ASI. Sedangkan jika berumur dua tahun maka anak-anak tidak akan membutuhkan ASI lagi. Ibu tentunya harus tahu bagaimana Cara menyusui yang benar, karena jika ibu tidak tahu caranya maka hal itu bisa membahayakan bagi bayi yang disusui nya. Terlebih menyusui anak ini juga akan dilakukan setiap hari berkali-kali oleh ibu sehingga harus dilakukan senyaman mungkin.

Berikut merupakan cara menyusui anak yang benar dan harus diketahui oleh ibu sehingga tidak sampai salah saat menyusui.

1. Cuci Tangan Dengan Sabun
Sebelum ibu mulai menerapkan cara menyusui anak yang benar, maka sebaiknya ibu selalu mencuci tangannya dengan sabun. Karena saat menyusui ibu akan berinteraksi langsung dengan bayi, hal tersebut dilakukan agar kuman yang ada di telapak tangan ibu tidak masuk ke dalam tubuh bayi. Sehingga sangat dianjurkan setiap ibu akan menyusui bayinya sebaiknya melakukan cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

2. Perah Kolostrum
Agar puting ibu tidak lecet saat menyusui, ada baiknya ibu memerah sedikit kolostrum kemudian mengoleskannya pada puting. Selanjutnya sisa kolostrum yang ada bisa langsung diminumkan kepada bayi.

3. Memegangi Payudara
Salah satu cara menyusui anak yang benar yaitu dengan memegangi payudara ibu. Ibu bisa beri sedikit tekanan pada payudaranya, agar nantinya ASI dapat keluar sedikit demi sedikit dari payudara dan tidak keluar sekaligus. ASI yang langsung keluar dalam jumlah banyak tidak baik untuk bayi karena bisa menyebabkan muntah dan gelagapan dalam meminum ASI ibu.

4. Menggunakan Posisi yang Benar
Hal yang tidak kalah penting dalam cara menyusui anak yang benar adalah memilih posisi yang baik dan benar saat menyusui bayi. Berbagai macam posisi bisa digunakan atau dipilih oleh ibu dalam menyusui bayi seperti posisi mendekap, footbal hold, mendekap silang, dan posisi duduk.

5. Bayi Dihadapkan ke Arah Ibu
Cara menyusui anak yang benar yaitu dengan posisi menghadapkan bayi ke arah ibu. Saat menyusui jangan sampai bayi tidak dihadapkan ke arah ibu. Beberapa posisi bayi yang benar ketika disusui oleh sang ibu seperti perut bayi harus menempel pada perut ibu, Dagu bayi akan menempel di payudara ibu, Antara telinga dan juga lengan bayi berada dalam satu garis lurus. Saat menyusu maka mulut bayi harus terbuka dengan lebar sehingga bisa menutupi area gelap di sekitar puting payudara ibu. Jika mulut bayi terbuka sedikit maka diperlukan cara agar mulut bayi bisa terbuka dengan lebar dalam menerima puting susu ibu.

6. ASI Sampai Kosong
Sebelum memutuskan untuk berpindah ke payudara yang lain, maka ibu harus bisa mengosongkan ASI pada salah satu payudaranya. Setelah ASI pada payudara tersebut kosong barulah ibu bisa berpindah ke payudara lainnya.

Tentunya jika ibu bisa mengetahui cara menyusui anak yang benar maka ibu dan bayi juga akan merasa nyaman selama proses menyusui berlangsung. Jika posisi yang diterapkan salah maka  bisa saja berbahaya bagi bayi atau membuat ibu merasa kurang nyaman selama bayi sedang menyusu. Tentunya ibu harus tahu berbagai patokan yang bisa dijadikan sebagai tanda jika bayi telah menyusu ibunya dengan benar. Jangan sampai ibu mengira bahwa bayi sudah menyusu dengan benar namun ASI tersebut tidak membuahkan hasil pada bayi. Karenanya menggunakan posisi yang benar saat menyusui juga perlu dilakukan.