Berita Populer di Indonesia

Penyebab Perut Bayi Kembung dan Cara Mengatasinya

Selain pilek gangguan kesehatan yang juga sering menyerang bayi ialah kembung. Beberapa sumber mengungkapkan bahwa pada dasarnya kondisi tersebut wajar terjadi pada si kecil. Namun, karena belum bisa mengatakan apapun ke orang tua. Sehingga ketika terjadi yang tidak nyaman pada tubuh. Bayi otomatis menangis dan menunjuk pada bagian yang terasa sakit. Kondisi tersebut membuat orang tua harus lebih peka akan komunikasi yang ia berikan.

Sama seperti flu yang mengawali dari hidup mampet. Kembung juga mempunyai tanda yang mampu membantu Anda memahaminya. Mulai dari perut kencang, berbunyi, sekaligus sering buang gas. Ketika sudah menemukan penyebabnya. Orang tua tidak perlu panik yang berlebihan. Apabila Anda merasa tidak paham akan menangani yang harus diberikan. Tidak ada salahnya untuk langsung membawa ke dokter.

Sebaliknya, ketika Anda paham dengan apa yang harus dilakukan. Tak salah apabila dilakukan penanganan sendiri.  Perut kembung pada bayi hampir sama dengan orang dewasa. Dimana kondisi ini akan membuat perut berbunyi. Kondisi tersebut terjadi karena terjadi kesalahan pada proses pencernaan. Pendapat itu terdukung oleh penelitian yang telah dilakukan. Pada dasarnya kembung menjadi keadaan yang sangat wajar terjadi.

Apalagi untuk ukuran bayi yang notabene belum terlalu kuat untuk membentengi diri akan berbagai hal buruk. Konsep ini yang kemudian membuatnya orang tua harus lebih sadar akan pentingnya proteksi pada si kecil. Meskipun tidak terlalu mudah. Namun, pada dasarnya ibu mempunyai ASI yang mempunyai begitu banyak manfaat. ASI disebut-sebut sebagai elemen unggulan untuk bayi membangun sistem kekebalan tubuh dua kali lipat lebih besar.

Tepat, sehingga tak ada alasan bagi ibu untuk tidak memberikan ASI kepada buah hati. Dari sinilah tumbuh kembang anak bakal dimulai. Ketika Anda berpikir bahwa kembang pada bayi disebabkan oleh terlalu banyak angin yang masuk.  Tepat, hal ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi.

Berbicara tentang kesehatan anak selalu membuat orang tua bersemangat. Seperti yang telah dirasakan bahwa kehadiran buah hati membawa kebahagiaan tiada tara. Bukankah sekarang Anda merasakannya sendiri? Sehingga bukan sesuatu yang mengherankan jika Anda melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan serta masa depannya.

Kembung pada bayi biasa saja  membuat orang tua sangat khawatir. Namun, tidak perlu cemas karena ini termasuk kondisi yang wajar terjadi pada si kecil. Nah, untuk memperjelas penyebab perut bayi kembung. Berikut ulasan singkatnya:

1. Alergi pada makanan
Penyebab pertama yang membuat bayi kembung ialah alergi terhadap makanan. Berhubung bayi belum banyak makan. Tentu saja fokus Anda harus lebih pada pemberian susu. Tepat, ibu harus benar-benar mengetahui kandungan pada susu.

2. Kebanyakan udara
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa masuk angin sering kali menjadi penyebab bayi terkena kembung. Sehingga ada baiknya untuk membalut bayi dengan pakaian sekaligus kain hangat. Meskipun kembung termasuk gangguan kesehatan yang cukup wajar pada bayi. Namun, ketika dirasa makin parah. Anda harus langsung membawanya ke dokter.

3. Posisi menyusui yang salah
Selanjutnya penyebab yang juga tanpa sengaja membuat bayi kembung ialah posisi menyusui yang kurang tepat. Tepat, posisi yang benar ialah kepala bayi harus lebih tinggi dari pada perutnya.

4. Kandungan susu
Sama seperti penyebab alergi lainnya. Susu yang tidak cocok-pun sering berdampak kurang baik untuk bayi. Mulai dari kembung sampai diare.